4 Dec 2020

Bertambah Hobi Bertambah Rejeki Saat Pandemi

 

hasil kegiatan kecil membuat konektor masker hijab, lumayan bisa dijual


Sebelumnya kita memang tidak pernah berpikir kalau harus di rumah saja dalam waktu yang demikian panjang, berbulan-bulan bahkan hampir 8 bulan lamanya.

Karena pandemi ini memang bukan rencana dan rekayasa manusia, namun sudah takdir dari Yang Maha Kuasa.

Di rumah saja bukan berarti kita hanya rebahan sepanjang waktu, semau-mau kita sendiri. Karena bagaimana pun kehidupan tetap harus berjalan walau dalam keterbatasan. Kita yang dulu menjadikan rumah sebagai persinggahan saat istirahat malam hari saja, kini dipaksa menikmati rumah yang telah kita bangun , kita usahakan, kita hias dengan memperpanjang masa-masa harus di rumah.

Dengan di rumah bukan berarti dunia berhenti berputar, namun kita pun bisa memutar dunia dari rumah. Yuuups! (ini dunia apa globe yaak!)

Kesibukan demi kesibukan yang kita lalukan di luar rumah, sering membuat kita lupa kalau keinginan, atau bakat-bakat yang sebenarnya ada dalam diri kita jadi terpendam dan terlupakan.

Sekarang saatnya kita membongkar sedikit demi sedikit keinginan, bakat atau sesuatu yang dulu tertunda-tunda pengerjaannya kita ingat-ingat lagi. Kita kerjakan, kita gali lagi mumpung Tuhan masih memberi waktu kita harus di rumah.

Seperti keinginan untuk berlajar membaca Al-Qur’an dengan tajuwid yang lebih baik, belajar ilmu agama yang selama ini terkesampingkan dengan ilmu dunia. Kita bisa mulai melakukannya dengan lebih disiplin dan lebih baik lagi.

Kalau soal hobi yang tadinya terpendam kita bisa mulai mengorek-ngorek lagi, untuk menambah ilmunya dan mengerjakannya.

Misalnya saja hobi kita yang nampak dan kita seriusi selama ini adalah menulis, namun ternyata setelah kita korek-korek ternyata kita hobi pula membaca. Eh..ya membaca dan menulis itu emang harus dalam satu paket ya...gak bisa jadi hobi tambahan dong! (skip--)

Tapi bisa juga selain hobi menulis kita hobi pula melukis, bisa melukis di atas kanvas atau melukis dengan kata-kata...(sama lagi dengan menulisnya, kan heheheh)

Hobi-hobi yang trend saat ini seperti , menanam tanaman hias, memelihara binatang atau ikan, memasak makanan yang khas. Untuk yang hobi menulis online pun banyak pilihan yang bisa dilakukan seperti menulis di blog atau blogger, munulis fiksi, mengikuti lomba-lomba menulis yang banyak tersebar di media sosial atau komunitas-komunitas online. Bahkan yang hanya suka bermedia-sosialan saja juga bisa mengikuti giveaway, callege atau menjadi buzzer atau infuller.

Bila kita tekuni hobi-hobi di atas serta kita mengetahui keunikan-keunikannya, banyak kemungkinan bisa mendatangkan rejeki dari hobi tersebut.

Jadi tak lagi ada alasan di rumah saja menghalangi kita untuk tetap berkarya. Kaum rebahan geser dikit dong, pindahkan kasurmu di dapur, di halaman atau biarkan tetap saja di kamar. Tetap semangat untuk tetap bergerak dengan tangan, hati dan pikiran kita agar pundi-pundi rupiah tetap mengalir melalui Gopay, OVO, DANA maupun rekeningmu.

Semoga saja pandemi segera berlalu, kita sosong kehidupan yang lebih baik dari kemarin, kita evaluasi diri apa yang bisa kita tetap pertahankan atau kita tinggalkan bila saat kehidupan normal berjalan kembali.

Tetap semangat namun terus waspada karena virus Covid-19 belum juga usai, patuhi protokol kesehatan tetap pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun.

Salam hangat dan salam sehat selalu

Baca juga

Forum Komunikasi Masyarakat Kudus se Jabodetabek dan Alumni SMA Kudus 84 Peduli Banjir di Kudus

  Tim baksos tiba di dapur umum  foto:dokpri Hari Sabtu tanggal 30 Januari 2021 Kota Kudus telah diguyur hujan yang lumayan deras selama...